Jangan langsung berfikir negatif tentang judul diatas, meniru dimaksudkan bukan membuka usaha kerajinan tangan yang sama persis lho. Tapi, meniru ide dalam memilih jenis kerajinan tangan yang dibuat. Selebihnya biar kreativitas Anda yang bicara. Soal berhasil atau tidak itu tergantung bagaimana Anda mencari pelanggan dan memberikan yang terbaik untuk mereka. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda terapkan ketika akan “meniru”.

Belajar Usaha Kerajinan Tangan, Praktek, Go!                               
Usaha kerajinan tangan adalah salah satu keunggulan di beberapa daerah di Indonesia. Contoh paling jelas adalah Bali. Kreativitas warga Bali dalam hal kerajinan tangan patut diacungi jempol. Usaha rumahan saja bisa sukses menembus pasar luar negeri karena kreativitas. Dan kreativitas itu muncul karena ada niat dan kesunggugan untuk belajar dan mempraktekkannya.
  1. Belajar. Untuk bisa membuka usaha kerajinan tangan, Anda harus belajar dulu bagaimana cara membuatnya. Nah, daripada susah, Anda bisa belajar dari pesaing Anda. Tapi pastikan pesaing Anda adalah orang yang sudah sukses menjalankan bisnisnya. Dari belajar, Anda bisa meniru jenis kerajinan tangan dari pesaing. Misal, Anda belajar memahat, lihat bagaimana motif, cara memahat, dan bahan yang digunakan jangan lupa berapa lama proses yang diperlukan untuk menuntaskan satu pahatan.
  2. Praktek. Setelah puas belajar. Anda bisa mulai mempraktekkan ilmu yang Anda dapat. Tapi dalam proses “meniru” ini, Anda harus mencoba menampilkan yang berbeda dari pesaing Anda. Dari segi motif pahatan Anda bisa lebih berkreasi. Begitu juga dengan bahan yang digunakan, jika pesaing menggunakan bahan kualitas B, Anda bisa pilih yang berada di atas kualitas tersebut, agar hasil pahatan lebih maksimal. Begitu juga dengan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu pahatan. Anda bisa mengusahakan lebih cepat. Ini bisa jadi trik untuk mencari pelanggan lebih banyak.
  3. Go. Ayo mulai usaha Anda. tak ada yang salah dengan “meniru” selama dilakukan untuk hal positif. Anda bisa lihat di berbagai daerah dimana usaha kerajinan tangan menjadi profesi utama penduduknya. Hampir di setiap rumah punya usaha yang sama, namun punya ciri khas yang berbeda. Anda juga bisa jadi seperti mereka. Dengan satu produk yang sama dengan pesaing, Anda bisa lebih mewarnai persaingan usaha.
Sudah paham tentang maksud meniru bukan? Selamat memulai usaha kerajinan tangan Anda. ingat, persaingan sehat itu indah. Walaupun Anda meniru, tetaplah bersikap sportif, jika memang pembeli lebih suka karya pesaing Anda relakanlah dengan lapang dada. Hal itu juga bisa menjadi cambuk bagi Anda untuk menghasilkan kerajinan tangan lebih baik. Usaha kerajinan tangan ini bukanlah peluang usaha baru, namun demikian usaha ini menggiurkan untuk dijalankan, apalagi bisa anda mampu memarkan produk yang dibuat melalui internet dengan baik.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

 
Top